Sejarah

logo stai kecilBadan Layanan Umum – Sekolah Tinggi Agama Islam Madina (BLU-STAIM) merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Mandailing Natal.

Pendirian BLU-STAIM seiring dengan perjalanan pemekaran Kab. Mandailing Natal dari Kab. Tapanuli Selatan di Provinsi Sumatera Utara sesuai dengan Undang-undang Nomor 12 Tahun 1998 tentang Pembentukan KabupPicture1aten Daerah Tk. II Toba Samosir dan Kabupaten Daerah TK. II Mandailing Natal.

Sejak Kab. Mandailing Natal diresmikan pada tanggal 11 Maret 1999, masyarakat sangat berharap kepada Penjabat Bupati yang dilantik pada saat itu mempunyai perhatian yang besar pada bidang Pendidikan, mulai dari Pendidikan Dasar sampai pada Pendidikan Tinggi, khususnya Pendidikan Tinggi Agama Islam.

 Pendirian PTAIS di Kab. Mandailing Natal (Madina ) mempunyai landasan dan alasan yang kuat. Kabupaten ini memiliki :

hasil survey

Sumber Data : Mandailing Natal dalam Angka (BPS Tahun 2013)

Berdasarkan Data di atas peluang pengembangan pendidikan Agama Islam mempunyai prospek tinggi sehingga perlu keberlanjutannya, oleh karena itu  pengintegrasian BLU-STAIM ke IAIN Padang- sidimpuan merupakan salah satu solusi dan sebuah keniscayaan karena mempunyai potensi calon mahasiswa yang cukup banyak baik dari Pondok Pesantren (24 lembaga) maupun Sekolah Umum.

Keberadaan Pondok Pesantren di kabupaten Mandailing Natal telah banyak melahirkan ulama-ulama besar tidak saja berada di Sumatera Utara bahkan sudah tersohor secara nasional. Tentunya hal ini berbanding lurus dengan penyebutan Kabupaten Mandailing Natal sebagai Serambi Mekkahnya Sumatera Utara. Sejalan dengan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal periode 2011 -2016 yaitu “Terwujudnya Masyarakat Mandailing Natal yang Religius, Cerdas, Sehat, Maju Dan Sejahtera”

Picture2 Picture3

STAIM di bawah Yayasan Universitas Madina
mulai beroperasi Tahun Akademik 2000/2001
dengan tiga jurusan yakni :
Pendidikan Agama Islam,
Mu’amalat dan
D III Manajemen Perbankan dan Keuangan Syari’ah.

Untuk selanjutnya demi legalitas Perguruan Tinggi maka dilakukan pengurusan Izin Operasional yang dikeluarkan oleh Kopertais Wil. IX Sumatera Utara sesuai dengan surat Keputusan Nomor K.IX/PP.00.93/001/2001, tanggal 10 Januari 2001 tentang Izin Operasional Sementara STAISM Panyabungan, yang diresmikan pada tanggal 11 Januari 2001 oleh Koordinator Kopertais Wil. IX Sumatera Utara, Bapak Prof. Dr. H. Ali Yakub Matondang, MA.

Setahun kemudian Departemen Agama RI mengeluarkan Keputusan Dirjen Binbagais Departemen Agama RI Nomor DJ.II/263/2002, tanggal 12 Juli 2002, tentang Pemberian Status Terdaftar Program S1 Jurusan PAI/Tarbiyah dan Jurusan Mu’amalat STAI Mandailing Natal Panyabungan. Berdasarkan hasil evaluasi Dirjen Binbagais Departemen Agama RI terhadap dokumen STAIM maka perpanjangan izin dikeluarkan kembali sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No: DJ.I/216/200, tanggal 28 Mei 2007 .

Berdasarkan UU Nomor 22 Tahun 1999, tentang Pemerintahan Daerah dalam Pasal 48 yang berbunyi “Kepala Daerah dilarang turut serta dalam suatu perusahaan, baik milik swasta maupun milik Negara/Daerah, atau dalam yayasan bidang apa pun juga;”

Untuk menyahuti Undang-undang tersebut, Bupati sebagai Kepala Daerah yang merangkap sebagai ketua yayasan diganti oleh bapak Alm. H. Abdul Rahman Nasution.berdasarkan Akte Notaris Nomor 5 Tahun 2004

Aplikasi UU Nomor 22 Tahun 1999, status STAIM yang selama ini berada dibawah Yayasan Universitas Madina berpindah menjadi BLU-STAIM sesuai dengan Peraturan Bupati Madina Nomor 451.4/169/P/2006, tanggal 4 April 2006 tentang Badan Layanan Umum Sekolah Tinggi Agama Islam Madina (BLU-STAIM) yang kedudukannya berada dan bertanggungjawab kepada Bupati Madina tidak lagi menjadi tanggungjawab yayasan Universitas Madina.
Selanjutnya tanggal 12 September 2006, melalui
Sidang Paripurna DPRD Mandailing Natal
diterbitkan Peraturan Daerah Mandailing Natal
Nomor 12 Tahun 2006 tentang BLU-STAIM
Panyabungan.
Dengan demikian, keberadaan STAIM Panyabungan telah mendapat legalitas dari Pemerintah Daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, yaitu Badan Layanan Umum dibidang pencerdasan kehidupan bangsa.

Sampai saat ini BLU-STAIM Panyabungan telah mendapat pengakuan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi sebagaimana tabel berikut :

pt ban

Tinggalkan Balasan